Kumpul Komunitas Nova: Wujudkan Niat Ibadah Haji

Assalamu'alaikum, ini post pertama setelah saya memutuskan buat ngulag blog dari awal. Alasan? Mungkin karena blog kemaren udah penuh sarang laba laba gitu kali ya. Hehehe. Oke, kita mulai ya :).

Intermezzo dikit, saat ini saya duduk di semester 5. Bentar lagi lulus *semoga lancar ya, amiiin*. Nah semua orang pasti kepikiran kan buat menggapai cita - cita? Pasti dong. Saya juga salah satunya.

Saya masih mahasiswa. Mimpi macam seumuran saya pasti banyak yang ingin dicapai. Mulai dari nilai bagus, lulus cepet, dapat pekerjaan yang baik, pengalaman sana-sini, membahagiakan orangtua, sampai buat nikah juga pasti kepikiran ya. Hehehe.

Tapi salah satu keinginan saya yang pengen banget dicapai diantara itu semua ialah, naik haji. Karena hampir semua anggota keluarga saya sudah pernah menginjakkan kaki di Tanah Suci, saya juga jadi punya keinginan buat ke sana juga.

Tapi saya ini masih mahasiswa nih. Info buat haji atau umroh masih minim. Kebetulan kemarin saya mengikuti salah satu acara yang direkomendasikan kakak saya agar saya ada kerjaan pas wiken *mahasiswa tahun akhir, tau dong gimana jadwalnya?* hehehe. Jadi saya pun memutuskan buat daftar dan ngajakin pasukan kost. Tapi apa daya pas hari H cuman saya dan teh Fitri, salah satu teteh kosan, yang dateng. Huft.

Nah ketertarikan saya buat ke acara ini karena salah satu pembicara adalah idola saya, Mba Prita Ghozie. Biasanya saya liat Mba Prita kalo di Kompas Siang atau Kompas Bisnis. Jadi penasaran buat liat secara langsung plus kali aja bisa foto bareng gitu. Bolehlah ya, hihihi.

Pas hari H, saya dan teh Fitri naik angkot ke Aston Tropicana di Jl. Cihampelas. Karena jarak dari kost cukup dekat, jadi saya bisa santai buat ke acaranya. Sampai di Aston Tropicana saya langsung ke Ballroom di lantai 8, daaan yang sudah penuh riuh dengan ibu-ibu. Saya baru inget, hampir semua undangan merupakan pembaca setia Tabloid Nova.

Setelah mengambil tempat duduk yang cukup nyaman, tidak beberapa lama para pembicara datang. Mulai dari Hilbram Dunar sebagai MC, Mba Prita Ghozie, Hendra Gunawan dari Allianz serta yang lainnya. Meskipun rada molor, acara akhirnya di mulai pada pukul 9 tepat.

Pembicara pertama ialah pak Ustadz yang menyampaikan beberapa informasi mengenai ketentuan - ketentuan haji dalam islam.

Pembicara selanjutnya ialah Mba
Prita Ghozie, financial planner. Mba Prita menjelaskan mengenai melakukan perencanaan ibadah haji.

1. Persiapan
Dalam tahapan persiapan kita harus mempersiapkan:
- BPIH, paspor
- Biaya yayasan
- Pemeriksaan kesehatan
- Pakaian ibadah
- Syukuran

2. Perjalanan Ibadah Haji
- Konsumsi, komunikasi, transport
- Oleh-oleh
- Biaya Dam (bila ada)
- Biaya darurat

3. Keluarga di Tanah Air
- Dana darurat
- Proteksi finansial

Kita selaku calon jemaah haji harus memperhatikan semua ini dengan sangat matang. Agar dalam pelaksanaan kegiatan ibadah haji, kita dapat melaksanakannya dengan tenang.

Lalu bagaimana mempersiapkan ibadah haji? Menurut Mba Prita Ghozie

Pertama, Tetapkan tujuan:
1. Apakah kita akan memilih ONH Reguler atau Plus?
2. Kapan pembayaran BPIH pertama? Dari informasi yang saya dapat BPIH untuk tahun ini sebesar Rp 25 juta.
3. Sisihkan penghasilan

Kedua, Biaya daftar:
1. BPIH pertama untuk dapat nomor porsi
2. Sisihkan penghasilan

Ketiga, Pelunasan BPIH sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Keempat, Berangkat haji. Perhitungkanlah, biaya selama haji, dana darurat serya proteksi finansial keluarga.

Lalu, mba Prita pun kembali melanjutkan mengenai Action Plan:
1. Niat, kita harus memiliki niat untuk memulainya.
2. Rencanakan ibadah haji
3. Modifikasi rencana pengeluaran, untuk menambah tujuan finansial naik haji. Kalo buat oleh-oleh daripaa beli semua oleh-oleh langsung dari tanah suci, lebih baik kita beli di Tanah Air saja agar tidak berat. Serta bila berencana untuk belanja, lakukan setelah ibadah haji selesai. Agar konsentrasi selama ibadah haji tidak terganggu.
4. Pilih produk investasi dengan mempertimbangkan risiko.

Nah, tidak lupa mba Prita pun memberikan informasi dan cerita mengenai pengalamannya dalam melaksanakan ibadah haji pada tahun lalu bersama suaminya. Para peserta dan saya pun sangat antusias dalam mendengarkan paparan dari mba Prita Ghozie.

Selama acara saya tidak lupa dong ntuk mengambil benerapa foto bersama teh Fitri hehehe.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari pihak Allianz selaku pendukung acara, dengan di wakili oleh Mas Hendra Gunawan yang menjelaskan sedikit dan menjawab beberapa pertanyaan dari paea peserta mengenai produk baru dari Allianz yaitu Allianz Tasbih (Tabungan Asuransi Biaya Haji).

Setelah itu MC Hilbram Dunar melanjutkan acara dengan pembagian doorprize, kuis dan pengumuman pemenang live tweet. Sayang saya gak kebagian apa - apa. Karena peserta acara ini di dominasi oleh ibu - ibu. Maka saya bisa dikatakan, kalah telak. Sayang ya, saya ga bawa pasukan dari kost. Hihihi.

Sepulang dari sini saya banyak mendapatkan informasi mengenai perencanaan ibadah haji, pelaksanaan, hingga hal kecil lainnya berkaitan dengan haji. Semoga post ini bisa memberikan manfaat ya dan semoga kita mempunyai kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji. Amiiin.

Wassalamualaikum.

Comments